Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Foto: Dandi Pratama Yandika


Bosan menghabiskan weekend di tempat yang gitu-gitu aja?. Kini, wisata baru hadir untuk menghilangkan stres akibat rutinitas anda. Wisata Danau Lait namanya. 
IMAM MAKSUM, Sanggau.

Wisata kece dengan bentang alam berupa danau dan pegunungan ini terletak di Desa Subah Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Berjarak sekitar 80 kilometer dari Kota Pontianak. 

Danau Lait saat ini tengah menjadi objek wisata popular. Baik itu di kalangan wisatawan lokal bahkan wisatawan luar daerah. Jadi tunggu apalagi, mari habiskan waktu liburan akhir pekan anda ke Danau Lait.
Tidak hanya pesona alamnya yang indah, wisata ini juga memiliki berbagai macam fasilitas rekreasi yang menarik loh. Di antaranya spot foto di tepian danau, arena bermain ATV, ayunan dan pendopo kayu yang unik.

Wisata Danau Lait memiliki luas lebih dari 800 hektare. Wisatawan akan disuguhi pemandangan berupa pegunungan, perkebunan, dan yang pasti adalah air danau yang teduh nan mempesona. Hal menarik lain yaitu, di danau ini memiliki 12 gugusa pulau kecil yang menawan. Alam bawah air danau juga menyimpan kehidupan berbagai ikan air tawar. Seperti ikan toman, gabus, haruan dan lain sebagainya. Bagi yang doyan mancing, cucok banget nih spotnya. 



Untuk bisa sampai ke Danau Lait memerlukan perjalanan kurang lebih selama satu setengah jam dari Kota Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat. Bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Perjalanan di tempuh melalui rute Jalan Trans Kalimantan yang berliku dan turun naik perbukitan. Tapi jangan khawatir, karena akses jalan menuju ke wisata ini tergolong bagus . Jalanan beraspal dan juga memiliki rambu-rambu lalu lintas yang relatif baik.

Setelah sampai di simpang tiga tugu Desa Subah, maka perjalanan selanjutnya menyusuri jalan tanah merah. Dari tugu tersebut ada jarak sekitar 4 sampai 5 kilometer untuk sampai di objek wiata danau. Jika kondisi jalan kering maka waktu diperlukan sekitar 10 hingga 15 menit. Namun, apabila kondisi jalan basah atau saat hujan maka bisa jadi memakan waktu lebih lama dari waktu normal.

Biaya yang dikenakan untuk menikmati wisata ini hanya 10 ribu Rupiah per orang. Dengan tarif tersebut wisatawan dapat merasakan indahnya suasana tepi danau dan segarnya udara alami.

Terdapat banyak pendopo yang disediakan pihak pengelola wisata untuk para pengunjung. Di pendopo itu pengunjung dapat menikmati suasana indah danau. Jika mau pesan makanan dan minuman pengunjung dapat membeli langsung di kedai yang telah tersedia. Ada beberapa kedai di sana yang menjual beragam aneka makanan dan minuman.

Tidak sampai di situ, wisata danau lait menyediakan spot foto unik bagi pengunjung. Setidaknya ada empat spot fotodi tepi danau yang telah didekorasi sedemikian menarik untuk memikat pengunjung. Di antaranya berupa gate (gapura) berbentuk  hati dengan bunga-bunga, dan ayunan kayu penuh warna.

Bagi kalian yang suka upload foto di media sosial seperti instagram, facebook, twitter, wisata Danau Lait bisa menjadi refrensi untuk memperkaya postingan kalian. Meskipun sudah popular di sebagian kalangan, namun masih banyak  juga orang yang belum tahu tentang wisata ini.

Tonton juga Vlog Sahabat Traveller Kalbar :

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib