Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Foto: peserta pelatihan menulis.

inikampusiana - Minggu ini berbeda dari hari Minggu biasanya. Sebab, weekend kali ini saya berkesempatan mengikuti workshop kepenulisan bersama orang-orang hebat. Mereka adalah penulis-penulis hebat dari Kalimantan Barat yang telah menziarah kemana-mana.

Mereka berasal dari beragam latar belakang. Ada yang berprofesi sebagai tenaga pengajar, wira usaha, ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan komunitas blogger dan komunitas baca turut hadir. 

Tempatnya di Balai Kopi, jalan Alianyang Sungai Bangkong, Pontianak. Berkesempatan duduk bersama mereka menjadi sebuah keberuntungan tersendiri bagi saya. Kenapa, sebab saya dapat mencuri ilmu mereka dan menambah wawasan saya. Asyik bukan.

Satu lagi yang paling mengesankan adalah pembicara pada workshop kali ini. Ia adalah Beni Sulistyo, seorang penulis hebat yang telah banyak menelurkan karya-karya. Beliau akrab disapa Bung Ben, orangnya ramah tak pelit ilmu.

Workshop pagi itu bertema menulis di media sosial. Fokus utamanya adalah Facebook. Bung Ben menyampaikan bagaimana rahasia menulis di Facebook yang dapat meraup banyak pembaca.

Mau tahu caranya? baca terus sampai paragraf terakhir. Lanjut, Bang Ben mengawali pelatihan pagi itu dengan menganalisa data pengguna Facebook. Menurut data yang disajikan Bung Ben, mayoritas pengguna Facebook adalah kalangan remaja sampai dewasa.

Setelah itu Beliau memberikan contoh tulisan yang pernah diunggahnya di akun Facebook. Excited, tulisannya disukai ratusan ribu Facebokers. Mendapatkan ribuan komentar dan dibagikan oleh banyak orang.

Salah satu trik bagaimana tulisan kita menarik dibaca orang adalah menulis konten yang berbaur rasa senang. Menurut Bang Ben dan fakta membuktikan, pembaca cenderung menyukai hal-hal kesenangan dari pada hal-hal sedih.

Masih banyak sebenarnya trik dari Bung Ben, selanjutnya akan saya kupas di ketikan selanjutnya. Mengingat besok hari Senin, jadi saya harus istirahat.

Penulis : Imam Maksum


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib