Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Foto : Khatulistiwa Park

Penulis : Imam Maksum

inikampusiana - Ketika siang hari, lazimnya tiap benda yang bersentuhan langsung dengan sinar matahari pasti memantulkan bayangan. Namun hal tersebut tidak berlaku area tugu khatulistiwa, Kota Pontianak. Pemandangan yang tak lumrah itu terjadi dua kali dalam setahun.

Seperti yang terlihat Minggu 23 September 2019. Matahari kian memancarkan sinar terik hingga 37 derajat celsius. Menurut Lapan Pontianak, fenomena nol derajat tanpa bayangan diperkirakan berlangsung pukul 11:36.
Ratusan wisatawan lokal maupun luar daerah Pontianak antusias menunggu fenomena itu. Bahkan terlihat sejumlah turis mancanegara pun hadir.

Ada dua tribun yang dipadati pengunjung. Tribun barat dan timur. Di tengah-tengahnya terdapat area titik kulminasi matahari. Sebuah Bidang beton berbentuk lingkaran yang kira-kira panjang jari-jarinya tiga meter. Pada pusat lingkaran itu, ada sebuah patok yang tingginya sekitar setengah meter. Patok itulah yang akan menjadi membuktikan titik nol derajat tanpa bayangan.

Matahari terus beringsut naik. Sebatang patok yang dijadikan sebagai pusat perhatian di Area Titik Kulminasi tiba tiba tak memiliki bayangan.
Sontak fenomena itu membuat riuh pengunjung. Mereka menyaksikan langsung fenomena langka yang hanya ditemui di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Festival Pesona Kulminasi Matahari merupakan kegiatan yang tiap tahun dilaksanakan oleh Disporapar Pontianak. Pelaksanaannya di tempatkan di taman Tugu Khatulistiwa tiap Pontianak  21-23 Mei dan 21-23 September.

Momentum itu menjadi kesempatan bagi Kota Pontianak untuk meeksplore lebih luas apa yang menjadi daya tarik Kalbar. Salah satunya fenomena alam, kulminasi matahari.

Berbagai macam rangkaian kegiatan pada festival tersebut. Terutama kegiatan kegiatan yang menjurus ke dalam bidang pariwisata, seni dan budaya. Diharapkan kesempatan tersebut mampu mengangkat nama daerah dan melestarikan segala kebudayaan Kalbar.

1 comment:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib